Pages

Saturday, September 6, 2014

Undur Undur

Undur-undur adalah sebutan untuk kelompok serangga dari familia Myrmeleontidae , binatang ini bisa ditemukan ditanah yang kering dan halus dengan bentuk sarang kurang lebih seperti gambar disamping. 

Undur - undur bukanlah hewan berbisa atau serangga yang merugikan manusia atau berbahaya bagi kehidupan manusia. bahkan kini dipercaya undur - undur dapat dikonsumsi sebagai obat penyembuh diabetes dan hipertensi. 

Gambar disamping adalah bentuk utuh binatang undur - undur , sepintas binatang ini terlihat menyeramkan , dengan tubuh yang berbulu dan supit yang lebar dibagian atas kepalanya, namun ... jika kita memegang dan atau menemukannya binatang ini sangat jinak dan bahkan sama sekali tidak berbahaya bagi manusia. 

Tubuhnya yang lembut dan kenyal serta lentur sama sekali tidak mencerminkan bentuk luarnya yang terlihat garang dan menakutkan. bahkan bisa dibilang binatang ini adalah serangga paling jinak dan paling lunak serta paling tidak berbahaya bagi manusia.

Dalam gambar disamping mungkin kita akan mengira atau menyebut serta menamainya capung atau dragon fly, tapi jangan salah .. karena binatang undur - undur yang telah dewasa dan atau keluar dari sarangnya dipercaya akan menjadi sebuah capung cantik yang memiliki sayap warna warni. 

Biasanya hinggap atau bertempat disekitar sungai dan hinggap diatas bebatuan dengan sesekali terbang kesana kemari layaknya dragon fly atau capung. 

Namun dragon fly yang satu ini atau jelmaan dari undur - undur memiliki sayap dan tubuh yang keras berbeda dengan bentuk mereka pada awalnya atau masa mudanya, yang lembut dan kenyal.

No comments:

Post a Comment