Pages

Saturday, September 6, 2014

Tinggi atau Tungau

Tinggi atau Tungau adalah sejenis binatang sejenis serangga yang memiliki bentuk tubuh seperti serangga pada biasanya, sedikit mirip lipas atau kecoak namun tidak bersayap , sedikit mirip dengan undur undur namun memiliki tubuh atau lapisan kulit yang keras. 

Hewan kecil ini memiliki tungkai delapan yang, bersama-sama dengan caplak, termasuk kedalam anggota superordo Acarina. Tungau disini bukanlah kutu dalam pengertian ilmu hewan walaupun sama-sama berukuran kecil (beberapa orang menganggap keduanya sama).

Apabila kutu sejati merupakan anggota Insecta (serangga), tungau lebih dekat dengan laba-laba dilihat dari kekerabatannya. Hewan ini merupakan salah satu avertebrata yang paling beraneka ragam dan sukses beradaptasi dengan berbagai keadaan lingkungan. Ukurannya kebanyakan sangat kecil sehingga kurang menarik perhatian hewan pemangsa besar dan mengakibatkan ia mudah menyebar.

Tempat tinggal atau berkembang biak binatang ini berada ditempat yang gelap dan lembab , hampir mirip dengan kecoak atau lipas, kebanyakan tumbuh sehat di sela - sela bantal , kasur , dan atau lantai kayu yang merupakan habitat asli dan atau habitat alami mereka.

Binatang ini sepintas terlihat tidak berbahaya namun jika menggigit dan mengeluarkan racun dapat mengakibatkan luka pada kulit yang cukup serius bahkan lebih berbahaya dari kecoak atau lipas. ada sekitar 45 ribu jenis tungau yang ada dan atau telah ditemukan namun itu hanya 5% dari jenis tungau yang dipercaya ada secara keseluruhan.

Sumber : Wikipedia

No comments:

Post a Comment