Pages

Saturday, September 6, 2014

Kutu Kebul

Banyak sekali jenis serangga dan hama kutu yang ada di alam ini baik yang menyerang manusia maupun yang menyerang tanaman seperti kutu kebul, trips, tungau, apids, mizus dll. 

Gambar disamping adalah Kutu Kebul yakni serangga hama yang dapat menyebabkan kerusakan langsung pada tanaman dan sebagai media penular (vektor) penyakit tanaman.

Hama ini umumnya menyerang berbagai macam tanaman sayuran, dan biasa atau seringkali kita temukan pada tanaman cabai / lombok jawa dan menyebabkan daun pada tanaman lombok menjadi keriting dan tidak sehat.

Kutu ini tidak memiliki efek atau tidak menyerang secara langsung pada manusia atau binatang namun lebih kepada merugikan petani karena rusaknya tanaman mereka dan pada akhirnya menyebabkan mereka tidak menuai hasil panen. Di Indonesia terdapat beberapa spesies kutukebul, tetapi tidak mudah untuk dibedakan karena kemiripan morfologi dan ukuran yang kecil. Salah satu spesies yang penting dalam menularkan virus gemini adalah Bemisia tabaci.

Pada satu populasi kutu kebul ditemukan B. tabaci biotipe B yang dikenal sangat agresif dan dapat menyebabkan kerugian yang besar pada tanaman sayuran. Oleh karena itu petani, pejabat karantina serta pejabat perlindungan tanaman harus mewaspadai perkembangan dan penyebaran populasi kutukebul B. tabaci biotipe ini. 

Untuk menghindari kerugian besar yang mungkin disebabkannya perlu dilakukan penelitian mengenai penyebaran kutukebul ini di Indonesia.

No comments:

Post a Comment