Pages

Thursday, September 11, 2014

Lipan atau Kelabang

Lipan atau kelabang yang dalam menurut orang dari negara lain disebut juga centipede adalah sejenis binatang yang memiliki sepasang kaki disetiap ruas dalam tubuhnya, namun lipan atau kelabang ini bukanlah kaki seribu. 

Lipan atau kelabang adalah termasuk binatang nokturnal atau hewan yang beraktivitas atau melakukan aktivitas biasa dimalam hari disaat hewan lain sedang tidur. Lipan atau kelabang adalah hewan yang berbisa bahkan sebagian diatara mereka ada yang memiliki bisa sangat mematikan bagi hewan lain melihat dari ukuran tubuhnya.

Binatang ini cukup mudah ditemukan ditempat tempat umum yang sepi bahkan tidak jarang ditemukan dikamar mandi atau wc yang disekitarnya menumpuk barang - barang bekas cukup lama, untuk jenis lipan atau kelabang yang berukuran kecil 5 - 10 cm dan dihutan basah bagi jenis lipan atau kelabang yang berukuran besar melebihi 30 cm.

Melihat lipan atau kelabang dengan ukuran dibawah 10 centimeter bagi yang biasa mungkin tidak menjadi masalah namun bagi yang tiada biasa akan merasa geli dan ketakutan, namun seseorang perlu berpikir 2 kali ketika mereka menemukan lipan dengan ukuran lebih dari 30 cm, karena selain ukuran mereka yang besar dan kaki mereka yang banyak , mereka juga hurus berurusan dengan bisa atau racun dari tubuh mereka, yang berarti seseorang yang berurusan dengan lipan atau kelabang ini harus siap dengan resiko kematian atau cacat seumur hidup.

No comments:

Post a Comment