Pages

Tuesday, September 16, 2014

Ulat | Entung

Entung adalah ulat yang biasa menempel atau hidup dengan menggulung daun pisang, hingga membentuk sebuah gulungan daun yang mirip contong pembungkus kacang. 

Sebelumnya induk dari entung yang mirip kupu - kupu bertelur atau menempelkan telur mereka pada daun pisang yang jumlahnya bervaritif. 

Kemungkinan besar berjumlah antara 10 - 20 buah telur entung yang ditempelkan oleh induk dari kupu - kupu setelah beberapa saat kupu - kupu hidup dalam siklus mereka. 

Telur dari entung ini kemudian menetas dan menghasilkan beberapa buah entung yang hidup dengan memakan daun pisang, nampak seperti ulat - ulat kecil yang juga bisa bergelantungan karena memiliki serat yang mirip jaring seperti milik laba - laba. 

Ulat dari kupu - kupu yang oleh kebanyakan orang ditempang saya ini disebut entung kemudian akan tumbuh membesar dan pada waktunya membungkus diri mereka untuk berubah menjadi kupu - kupu mereka akan terlebih dahulu membungkus tubuh lembut mereka dengan jaringan kulit yang agak keras seperti kepompong didalam sebuah gulungan daun pisang , sampai mereka menjadi kupu - kupu dan siap terbang... 


No comments:

Post a Comment