Pages

Sunday, February 5, 2017

Kupu - Kupu Gajah

Serangga ini seperti kupu-kupu namun berukuran besar, berwarna dan bercorak coklat pada sayapnya. Serangga ini sering disebut kupu-kupu gajah.

Disebut kupu-kupu gajah karena memang berukuran jauh lebih besar daripada kupu-kupu pada umumnya. Tapi tahukah kamu, kalau serangga yang kita sebut kupu-kupu gajah ini ternyata bukan dari keluarga kupu-kupu lho. Ternyata kupu-kupu gajah ini adalah salah satu jenis ngengat (moth)

Kupu-kupu gajah ini mempunyai nama latin Attacus Atlas, maka dari itu sering juga disebut Ngengat Atlas. Dinamai dengan nama Atlas, karena corak pada sayapnya yang menyerupai peta dunia atau atlas.

Lalu memang apa beda antara kupu-kupu dan ngengat? Secara fisik biasanya kupu-kupu mempunyai warna dan corak sayap yang lebih berwarna-warnai, sedangkan ngengat biasanya bercorak coklat saja. Ketika hinggap di suatu tempat, kupu-kupu biasanya melipat sayap ke atas, sedangkan ngengat biasanya melebarkan sayapnya. 

Secara umum, kupu-kupu merupakan binatang primary diurnal, yaitu binatang yang beraktivitas di siang hari. Sedangkan ngengat merupakan binatang nokturnal, yang aktif dan terbang di malam hari.

2 comments:

  1. kupu-kupu gajah adalah kupu-kupu berukuran besar

    ReplyDelete
  2. info menarik, komentar juga ya ke blog saya www.belajarbahasaasing.com

    ReplyDelete