Pages

Sunday, September 7, 2014

Cacing

Cacing adalah nama yang umum digunakan untuk kelompok Oligochaeta, hewan yang berbadan lembut dan beruas yang memiliki bentuk silinder memanjang, cacing termasuk dalam hewan inverbrata dan merupakan hewan yang hermaprodyte alias memiliki kelamin ganda meskipun demikian mampu membuahi sesamanya untuk menghasilkan keturunan.

Cacing adalah hewan yang termasuk ke dalam kumpulan hewan invertebrat. Cacing yang paling dikenali adalah cacing tanah, ahli filum Annelida, tetapi terdapat beratus ribu spesies lain yang tinggal dalam pelbagai habitat selain tanah.

Meskipun cacing terlihat menjijikkan namun ... memiliki banyak manfaat bagi manusia baik dipergunakan untuk umpan mencari ikan maupun belut, cacing bisa juga dipergunakan untuk pengobatan penyakit dalam tubuh manusia.

Dewasa ini cacing tidak hanya sebagai penyubur tanah dan obat untuk manusia namun juga dapat memberikan pemasukan dan atau lahan penghasil uang untuk manusia dengan cara memperkembang-biakkan cacing dan kemudian menjualnya kepada para pecinta ikan hias yang kebetulan memberi makan ikan peliharaannya dengan cacing.

No comments:

Post a Comment