Pages

Monday, September 8, 2014

Semut

Semut adalah serangga anggota suku Formicidae , bangsa hymenoptera, menurut beberapa sumber terdapat lebih dari 12 ribu jenis semut yang hidup dikawasan tropika. Semua jenis semut adalah serangga sosial yang hidup dalam koloni dengan bentuk sarang dan tugas yang teratur untuk masing - masing anggota koloni. 

Dalam satu koloni semut dipercaya terdapat koloni tertentu yang memiliki tugas dan tanggung jawab masing - masing diantaranya , semut penjaga , semut pekerja , semut pejantan dan semut Ratu. koloni semut dapat juga disebut sebagai koloni "superorganisme" karena koloni koloni mereka yang membentuk satu kesatuan dan saling menjaga. 

Meskiput semut adalah binatang yang amat kecil namun dipercaya semut adalah binatang yang terkuat didunia setelah kumbang badak karena mampu menopang beban yang lebih berat 50 kali dari berat tubuhnya. sedangkan kumbang badak mampu menopang berat yang mencapati ratusan kali berat tubuhnya.

Pada beberapa jenis semut terdapat penggolongan semut pekerja karena memiliki besar tubuh yang berbeda beda diantaranya adalah  , pekerja minor , median dan mayor yang pembagian kerjanya tergantung pada kebutuhan koloni. 

Untuk lebih jelasnya silahkan tanya semut Ratu ..

No comments:

Post a Comment