Pages

Saturday, February 4, 2017

Cara Mengatasi Hama Tikus

Berbagai ancaman hama dan penyakit yang mengganggu pertumbuhan pasti akan ditemui di berbagai jenis tanaman, termasuk tanaman papaya atau pepaya yang anda miliki saat ini. Berbagai jenis hama dan penyakit tentu saja dapat memberikan pengaruh yang buruk terhadap pertumbuhan dari tanaman yang anda miliki sehingga buah yang dihasilkan tidak akan sempurna dan dapat dinikmati dengan baik. 

Oleh karena itu, kenalilah masalah hama dan penyakit tanaman pepaya mulai sekarang supaya pengendalian dan penanganannya bisa dilakukan semaksimal mungkin.

Supaya berbagai masalah dan kerugian masa panen pada tanaman padi khususnya dapat dihindari, diperlukan penanganan dan pengendalian hama tikus yang tepat sedini mungkin, diantaranya yaitu:
  1. Sanitasi lingkungan.
  2. Lingkungan sekitar lahan pertanian seperti semak-semak dan rerumputan sebaiknya selalu dibersihkan.
  3. Bongkar tempat-tempat perlindungan yang menjadi sarang tikus supaya lingkungan lahan pertanian tidak menjadi sasaran pengrusakan yang dilakukan.
  4. Buat perangkap di beberapa titik untuk menjerat hama tikus.
  5. Lakukan monitoring bersama para petani lainnya untuk menghindari hama tikus yang merugikan.
Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi dan menangani keberadaan hama tikus yang mengganggu sektor budidaya pertanian untuk tanaman padi. Apabila berbagai upaya tersebut dilakukan secara berkala dan dibantu oleh berbagai pihak secara serentak, maka masalah pengrusakan yang diakibatkan oleh hama tikus dapat dihindari dengan maksimal.

Lakukanlah berbagai pengamatan dan pantauan secara rutin sehingga populasi hama tikus benar-benar hilang dan tidak menyebabkan kerugian masa panen di kemudian hari.

No comments:

Post a Comment