Pages

Friday, February 3, 2017

Hama Tikus Dan Kerugian Yang Dihadapi

Seperti yang kita tahu, tikus merupakan salah satu jenis hama yang sangat merugikan berbagai kegiatan usaha budidaya pertanian, tak terkecuali pada sektor lahan pertanian untuk tanaman padi. Tikus mengganggu tanaman padi sejak awal persemaian sampai hasil padi yang tersimpan dalam gudang. Hal ini membuat tikus menjadi suatu masalah dan musuh besar bagi setiap petani yang menanamkan padi ataupun hasil pertanian lainnya karena tikus dapat mengonsumsi berbagai jenis makanan sehingga rantai makanannya tidak pernah terputus dan perkembangbiakannya sangatlah pesat. Jika tidak ada upaya untuk mengatasinya, tentu saja berbagai bentuk kerugian akan semakin dirasakan.

Pola makan hama tikus
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tikus dapat memakan berbagai jenis makanan, mulai dari berbagai hasil pertanian seperti tebu, ubi jalar hingga kelapa bahkan berbagai jenis hewan seperti bangkai ikan, siput dan aneka serangga. Berbagai makanan yang bisa dikonsumsi hama tikus membuat perkembangannya selalu meningkat karena kebutuhan bahan makanan yang dibutuhkan selalu terpenuhi dari berbagai jenis makanan yang ada di sekelilingnya. Tikus cenderung mempunyai indera pendengaran, penciuman dan peraba yang sangat peka sehingga pergerakannya dalam mengerat berbagai hasil pertanian di malam hari bisa berjalan sempurna.

Kerusakan akibat hama tikus
Kerusakan yang diperbuat oleh hama tikus pada tanaman padi dan berbagai hasil budidaya pertanian lainnya sangatlah fatal. Pertama-tama, tikus akan menyerang batang padi sampai terpotong yang otomatis membuat pertumbuhan tanaman padi menjadi terganggu. Hal ini dapat terjadi setiap malam dan satu ekor tikus diperkirakan mampu merusak tanaman padi sekitar belasan hingga ratusan batang tanaman padi. Bayangkan saja jika jumlah hama tikus mencapai puluhan atau ratusan, tentu saja kerugian yang sangat besar akan dirasakan oleh para petani.

No comments:

Post a Comment